Link Banner

Tak lekang oleh waktu, motor aura klasik/Retro pun ikut modern



Hai sobat pecinta otomotif, kali ini saya akan bahas motor klasik yang tak lekang oleh waktu dan jaman. Motor bergaya klasik seperti scrambler, tracker, cafe racer, hingga bobber belakangan sangat digemari, khususnya di Indonesia. Setiap pabrikan memiliki jagoan terbaiknya, seperti Kawasaki misalnya dengan W175 Cafe. Terbaru, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) baru saja meluncurkan XSR155, dan Honda pun mengeluarkan Motor bebek klasik Supercub namun dengan harga yang tergolong mahal.
Di jaman modern ini motor ala klasik pun dengan sentuhan modern dan teknologi canggih serta hemat BBM, misal nya saja dengan hadir nya sistem ijeksi, panel spedometer digital dan lampu LED, walau ada juga yang benar- benar menerapkan aura klasik banget, contoh nya pada Kawasaki W 175, dia masih bohlam biasa, spedometer pun masih analog, jika ingin model neoklasik bisa lihat pada yang terbaru dari pabrikan Yamaha XSR 155, dia lampu baik depan dan belakang sudah full LED dan spedometer sudah full digital, dan sudah menggendong mesin injeksi berkapasitas 155 cc, SOHC, satu silinder, 4-Tak, berpendingin cairan, serta sudah dilengkapi dengan VVA (Variable Valve Actuation). Mesin dengan ukuran bore 58 mm dan stroke 58,7 mm ini mampu menghasilkan tenaga maksimum sebesar 19 dk pada 10.000 rpm dan torsi maksimum 14,7 Nm pada 8.500 rpm. 

https://jafarsmotomotif.blogspot.com/2017/12/kelebihan-dan-kekurangan-kawasaki-w175.html?m=1

Di sisi lain, Kawasaki W175 Cafe dibekali mesin karburator berkapasitas 177 cc, SOHC, satu silinder, 4-Tak, serta berpendingin udara. Tenaga maksimum yang bisa dihasilkan oleh mesin yang memiliki ukuran bore 65,5 mm dan stroke 52,4 mm ini sebesar 12,8 dk pada 7.500 rpm dan torsi maksimum 13,2 Nm pada 6.000 rpm.
Oh iya, masih ada motor sport klasik dengan sentuhan modern dengan harga yang cukup terjangkau, yaitu Honda CB 150 Verza, dia bergaya klasik namun sedikit sekali sentuhan modern nya, lampu- lampu masih bohlam hanya spedometer yang sudah digital. 
Bisa lihat artikel tentang CB 150 Verza ke https://jafarsmotomotif.blogspot.com/2018/02/ahm-luncurkan-verza-rasa-cb-all-new-cb.html?m=1
Teman- teman ada yang ingat dengan Honda Tiger atau tiger lampu bulat, dan Suzuki Thunder 125 ?? ,di masa itu mulai mengarah ke jaman modern dan motor tersebut laku keras, namun entah mengapa pabrikan Honda dan suzuki tidak melanjutkan, namun seiring nya waktu seperti nya di tahun sekarang aura motor klasik seolah bangkit lagi, banyak kalangan muda millenial suka dengan motor aura klasik/retro tersebut bahkan banyak bengkel modif yang menggarap projek motor ala Retro/klasik. Jadi inget Pak "Presiden Jokowi" naik motor modif ala klasik aliran Chopper dan custom ala caferacer.
Demikian pembahasan kali ini sobat, semoga bermanfaat, tunggu berita update selanjut nya. Terima kasih

Penulis : Jafar shodiq

Comments

Post a Comment